Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli

Apa Pengertian Data, Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya? Secara teradat, data menjembatani serangkaian moral yang dikumpulkan dan diterjemahkan bagi suatu adres, biasanya kupasan. Hal tersebut dapat berupa perangai segala apa saja, termasuk pustaka dan digit, gambar, keinginan, atau video.Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli. Data Sekunder menurut para ahli dapat dijabarkan model berikut: Data Sekunder menurut Sugiyono (2016: 225) data sekunder merupakan benih data yang tidak daim mengaminkan data akan pengumpul data, jikalau menempuh ordo lain atau lewat dokumen.Pengertian Data Primer Menurut Para Ahli Adapun manfaat data primer menurut para ahli merupakan seperti berikut; Husein Umar (2013) , Data primer dapat didefinisikan model data yang diperoleh berdasarkan urat esensi pertama, sadik yang berawal terhadap individu/perseorangan kalau hasil berkat wawancara, atau yang berakar dengan imbangan pengisian kuesioner yangApa pengertian data primer dan data sekunder menurut para ahli dan bukunya ? Pengertian data primer adalah data legal yang dikumpulkan sendiri untuk periset untuk menetapi berbagasi leter permasalahan risetnya ala khusus.Data primer ini tidak tersedia dikarenakan sebelumnya belum pernah boleh riset yang sebangun atau ganjaran riset yang sebangun legal kadaluarsa.Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli Berikut ini ialah pengertian landasan data menurut beberapa ahli : Menurut Connolly dan Begg (2010), alas data sama dengan sebuah pasukan data yang ala mendalam terkait dan dirancang kasih memperbolehkan suatu kebutuhan target dengan sebuah persatuan.

Data Sekunder - Universitas Raharja

Jenis data menurut para ahli Pengertian data primer menurut Umi Narimawati (2008;98) dalam bukunya "Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi" bahwa: "Data primer adalah data yang berasal berkat kausa sempurna atau tinggi. Data sekunder yakni data yang mengacu bakal informasi yang dikumpulkan berlandaskan jalur yangData Sekunder. Data sekunder merupakan reaksi perkiraan yang diperoleh tidak ala daim, lagi pula bersemuka berasaskan serat yang wujud di buku, jurnal, sa-linan, dan lain-lain. pengertian data dan informasi, pengertian data menurut para ahli, pengertian data menurut para ahli pdf, pengertian data menurut para ahli tahun 2015, pengertian dataBaca Juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli. B. Data Berdasarkan Sifatnya. Berikut ini jenis-jenis data beralaskan sifatnya, diantaranya sama dengan: B.1. Data Kuantitatif. Data kuantitatif yakni suatu sifat data yang dinyatakan dalam nilai atau nomor. Contohnya, anggaran penjualan, arti sokongan, pandangan hidup pindah, dan lainnya. B.2. Data KualitatifPengertian Data Menurut Para Ahli. Selain beberapa batasan data di pada, biar kita semakin mengartikan apa itu data, berikut beberapa pengertian data menurut para ahli yang bisa dijadikan secara referensi aksesori. Pengertian data adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh karena pemeriksaan dimana data bisa berupa angka-angka atau lambang

Data Sekunder - Universitas Raharja

Pengertian Data Primer, Kelebihan, Kekuarangan, dan

Pengertian Data Menurut Para Ahli. Berikut kepada dibahas segalanya saja manfaat data menurut isme para ahli, dengan dalam loka dan terpencil langit. Menurut Mills (1984) Pengertian data menurut Mills (1984) ialah sebuah evidensi mentah, penglihatan atau iklim dalam kedudukan poin dalam hal ihwal nomor atau emblem khusus. Menurut John J. Longkutoy (2012)Pengertian data sekunder menurut Sugiyono (2015) yaitu salur data yang tidak abadi a awet mengesahkan data buat pengumpul data, sekiranya lewat familia ganjil atau lewat dokumen.Data sekunder inspeksi ini merupakan tata perusahaan pemasok gawai kesehatan di Semarang yang diperoleh karena Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Semarang.Admin blog Berbagai Jenis Penting 2019 juga mencedok gambar-gambar lainnya terkait seakan-akan dan dasar data menurut para ahli dibawah ini. Pengertian Data Primer Dan Data Sekunder Kanal Informasi. Penelitian Kualitatif Pengertian Ciri Jenis Dan Metode Menurut.Pengertian Data. Data berasal berasaskan kata letak jamak sama dengan datum (aksen latin) yang mempunyai maksud sesuau tang diberikan.Sedangkan menurut istilah data berfaedah ialah sekumpulan target atau keterangan-keteterangan yang di dapatkan dari pesta kontrol, bukti yang terkandung dalam data itu bisa berupa bilangan, lambang, symbol, ataupun letak.Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli. Adapun kepada interpretasi data sekunder menurut para ahli, renggang asing; Husein Umar (2013) , Data sekunder merupakan ala data primer yang lulus diolah lebih sulit dan disajikan dalam laksana tabel-tabel atau diagram- rangka, ikhlas kalau tala pengumpul data primer atau kalau niat parak.

Apa Pengertian Tangga Nada Mayor Pengertian Tahlilan Jenis Jenis Partisi Harddisk Pengertian Iman Kepada Rasul Allah Happy Fasting Artinya Arti Dari 26 Kan Aku Di 77 Mu Kutipan Ra Kartini Arti Simbol Flowchart Suket Teki Artinya What It Is Artinya Nama Bayi Perempuan Yang Artinya Cerdas Dan Beruntung

Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis Data, Fungsi Data dan Contohnya)

Tentu jadi tidak ganjil lagi kan mendengar kata data. Ya, asal-kan mendengar kata data biasanya kekal terbesit dalam benak engkau bahwa data merupakan sekumpulan nomor, atau bahan-bahan yang super ala tulang sehubungan sebuah bakal.

Dari yang teragak bakal benak sira itu ialah lulus, dan juga dapat dikatakan bahwa itu pengertian data berlandaskan pelbagai model paham orang-orang. Nah, mudah-mudahan lebih jelas dan ahsan tentang hal apa sebab itu data, bagaimana jenis-jenisnya, serta apa-apa fungsi dan contohnya. Yuk, lestari saja simak penjelesan berikut ini.

Daftar kandungan

Pengertian Data

Data bersumber berkat kata situasi jamak yaitu datum (bahasa latin) yang lahir juntrungan sesuau tang diberikan. Sedangkan menurut istilah data berharga yaitu sekumpulan bahan atau keterangan-keteterangan yang di dapatkan berkat daftar pemeriksaan, subjek yang terkandung dalam data itu bisa berupa digit, lambang, symbol, maupun tempat.

Data ini wajib di olah agar menyiapkan suatu bukti yang legal adanya, beri berdasarkan itu jika dikau semu memperoleh sebuah data, sampeyan belum dapat mengangkat kerangka atau alias mencerna macam gamblang apa-apa isi sehubungan sasaran yang terkandung dalam sebuah data tersebut. Karena data itu masih berupa barang mentah, semisal di ibaratkan seperti bahan-bahan dalam menurunkan makanan.

Nah, akan mendirikan suatu makanan yang gamblang dan lezat, alkisah wajib dimasak sehubungan ditambahkan ramuan dan menggunakan juru bicara yang lulus pula. Hal ini pada saja demi data (hendak mentah).

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Setelah anda mencerna pengertian data bersandar-kan benih kata dan pengertian seperti umum, berikut ini pengertian data menurut para ahli, masa berbeda ala berikut:

1. Kristanto

Kristanto menyulihkan data ala suatu evidensi. Kemudian dijelaskan pula bahwa kenyataan tersebut didapat tentang suatu sasaran tertentu yang dapat menjarah stadium ketidakpastian akan suatu status,suasana maupun cuaca.

2. Zulkifli AM

Menurut Zulkifli A M, menyatakan bahwa suatu kenyataan kepada letak ataupun sebuah subjek yang masih mentah (belum diolah) sehingga belum dapat membuahkan sebuah keterangan yang kentara

3. Anhar

Anhar menuturkan data dalam aksen Inggris sama dengan think known or assumed yang artinya bahwa data adalah sesuatu yang dianggap atau diketahui.

4. Arikunto

Menurut Arikunto membahasakan bahwa data yaitu sebuah fakta yang berupa aangka-angka yang disusun menurut dijadikan sebuah informas yangi penting.

Dari pengertian menurut para ahli di akan, dapat disimpulkan bahwa data sama dengan sekumpulan tampang akan dijadikan suatu alamat yang berupa (skor, realitas, dan kekok sebagainya) yang harus diolah agar mengeluarkan suatu informasi yang berguna menurut p mengenai suatu bentuk atau masa.

Jenis-Jenis Data

Data ini tampak bermacam-macam jenisnya, jujur dilihat dengan sifaatnya, sumbernya atau alias waaktu pengambilannya. Apa saja jenis-jenis data tersebut? Yuk, yuk kita lihat amatan berikut ini.

1. Data berdasarkan sumbernya

Data bersandarkan sumbernya, dibagi lagi jadi dua, ialah:

Data primer, yang dimaksud pada data primer merupakan data yang di peroleh demi adab langsung mendekati inti data tersebut. Data primer juga disebut dengaan data anyar dan sah. Biasanya data primer ini didapatkan tempat pengisian kuesioner atau kuesioner jajak pendapat mau atas kategori yang alang mengatur pengamatan.Data sekunder, yang dimaksud bersandar-kan data sekunder ialah data yang di dapatkan akan hakikat data yang perasan terselip. Misalnya di perpustakaan, mengadopsi kening berhadapan berkat jurnal atau alias kompetisi, dan lainnya.

2. Data berdalil sifatnya

Data berdasarkan sifatnya ini dibagi lagi bak 2, yakni:

Data kuantitatif, sama dengan data yang berupa biji ataupun angka-angka. Sedangkan,Data kualitatif, adalah data yang berupa pernyataan verbal, gambar, ataupun simbol-simbol.

3. Data bersandarkan waktu pengambilannya

Jenis data yang buntut, merupakan data beralaskan waktu pengambilannya, dimana data ini juga dibagi selaku 2 yakni:

Data urut, ialah data yang dijumpai akan saat membentuk survey. Misalnya data survey penduduk dalm Ahad tahun terkahir.Data cros section, yang dimaksud demi data cros section adalah data yang diperoleh setelah menyelesaaikan hajatan tertentu. Misalnya data kebajikan UN anak didik yang diperoleh setelah pengejawantahan ujian Nasional.

Fungsi Data

Suatu data tentunya ada beberapa fungsi atau kebermanfaatan, fungsi data tersebut selingan tersisih:

1. Sebagai mula perencanaan

Adanya data yang valid cerita seseorang atau sebuah perhimpunan dapat menimbulkan perencanaan akan urat esensi data yang teka dimilikinya. Karena data-data terseebut merasuk adapun suatu realitas terkait stan yang terlazim dianalisis bersandar-kan sahih.

2. Alat komandan suatu kelakuan

Kenapa data giat seperti gawai ketua? Karena arah adanya dat yang real atau sudah dan tepat, cerita dapat dijadikan sebagai buang ukur dalam menumbuhkan atau menjinakkan suatu kampanye, bidang ini tentunya kasih meminimalisir jalanya tindakan atas ketidaksesuaian visi dan misi yang taksiran  ditetapkan.

3. Sebagai aspiran pengambilan keputusan

Data juga antusias sebagai bahan pemungutan keputusan, tentang dari adanya data dongeng seseorang atau barisan tadbir ala dalam sebuah perusahaan dapat melakukan dan adopsi keputusan menurut melanjutkan jalannya persatuan. Karena karena data tersebut juga dapat diketahui kesibukan apa-apa yang harus dibuat agar keputusan yang diambil tidak merugikan pihak-pihak yang tercemplung.

4. Alat evaluasi

Fungsi data yang terkahir sama dengan data macam media evaluasi, fungsi ini biasanya diperoleh  atas riset atau pemeriksaan yang duga dilakukan berkat suatu tujuan. Dengan adanya imbas data yang nyana diolah, alkisah suruhan atau manajemen tamat dapat mengevaluasi kinerja atau sasaran yang agak diteliti tersebut ke tuju yang lebih baik lagi tatkala tercaoainya tujuan yang nyana ditetapkan.

Contoh Data

Agar sampeyan lebih curai mengenai apa-apa itu data, berikut contoh data dan pengimplementasiannya:

Misalnya seorang akuntan kepada melaksanakan pertandingan keuangan, akan dengan itu si akuntan tersebut terlazim memindai record transaksi perusahaan supaya dapat menhasilkan laporaan keuangan yang curai. Record transaksi perusahaan inilah cetakan karena suatu data. Karena record transaksi perusahaan belum memin- dahkan suatu objek yang bermanfaat.Contoh data yang kedua, ialah apabila rekap eksistensi karyawan PT X yang mana tersua seorang atau lebih karyawannya yang tidak ada selama 10 hari dalam tunggal bulan. Rekap eksistensi karyawan tersebutlah silap Minggu esa tuangan data.

Nah itulah hal-hal yang berkaitan karena data. Pengertian data bisa saja beranjak wejangan asalkan kita kaitkan berkat komputer atau bagaikan data komputer. Data itu diperoleh karena sejumlah pengawasan. Kamu bisa menaksir abc luar soal sistem penyatuan data. Bila masih bingung, yuk tulis di bab komentar.

ARTIKEL LAINNYA

DOC) Pengertian Data | Hesty Siregar - Academia.edu

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, Pengertian, Hesty, Siregar, Academia.edu

Maksud Data Primer Menurut Tokoh

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, Maksud, Primer, Menurut, Tokoh

18003036 Data-sekunder-dan-primer

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, 18003036, Data-sekunder-dan-primer

Kaedah Pengumpulan Data (Primer & Sekunder)

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, Kaedah, Pengumpulan, (Primer, Sekunder)

18003036 Data-sekunder-dan-primer

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, 18003036, Data-sekunder-dan-primer

28 BAB III METODE PENELITIAN A. Lokasi Penelitian Penelitian Ini Mengambil Lokasi Di Desa Setrojenar, Buluspesantren, Kabupaten

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, METODE, PENELITIAN, Lokasi, Penelitian, Mengambil, Setrojenar,, Buluspesantren,, Kabupaten

Pengertian Data Primer Dan Sekunder Menurut Ahli Sumber Berbagi Data – Cute766

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, Pengertian, Primer, Sekunder, Menurut, Sumber, Berbagi, Cute766

DOC) JENIS JENIS DATA PENELITIAN | Ummulia Sarifaatihah - Academia.edu

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, JENIS, PENELITIAN, Ummulia, Sarifaatihah, Academia.edu

18003036 Data-sekunder-dan-primer

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, 18003036, Data-sekunder-dan-primer

BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1. Objek Penelitian Objek Penelitian Merupakan Sesuatu Yang Menjadi Perhatian Dalam Suatu Peneli

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, METODOLOGI, PENELITIAN, Objek, Penelitian, Merupakan, Sesuatu, Menjadi, Perhatian, Dalam, Suatu, Peneli

Data Primer Dan Sekunder Menurut Para Ahli – Dengan

Pengertian Data Sekunder Menurut Para Ahli : pengertian, sekunder, menurut, Primer, Sekunder, Menurut, Dengan