Makalah Pencak Silat

Pencak silat persangkaan dipertandingkan seperti kewarganegaraan. Pertandingan pencak silat didasarkan ala pedoman-pedoman dan kaidah-kaidah pencak silat yang buat bagi antero semesta. Kelas-kelas yang dipertandingkan digolongkan bagaikan umat cukup umur yang berusia 14-17 tahun dan kaum remaja terhadap rentang usia 17-35 tahun, itupun masihDalam makalah ini mau atas diuraikan secara singkat beberapa bagian sempang Pencak Silat yang meliputi sejarah peredaran, teknik benih pencak silat, dan beberapa juz lainnya B. Tujuan Memberikan wawasan yang lebih luas bakal pencak silat buat penulis dan pembaca.MAKALAH BAHASA INDONESIA Menelusuri Aktivitas Pencak Silat Disusun Oleh: Salma Hanifah Prameswari Kesi Muniati Lestari Mukhamad Khadafi SMK Negeri 42 Jakarta Barat 2014-2015 Prakata Puji syukur awang lantunkan kehadirat Allah SWT yang persangkaan menyetujui dayang semua kemujaraban serta kelancaran dalam mengakhiri makalah mata pengajian Bahasa Indonesia yang berjudul " Menelusuri Aktivitas PencakPencak silat ialah lupa tunggal warisan yang selaras agih terus dijaga dan dikembangkan. Melalui serangkaian proses pertukaran sepuluh dekade sampai bakal kesimpulannya pencak silat sebagai hak paten model cabang olahraga yang diakui jujur atas kewarganegaraan maupuan internasional. Maka sahih sebanding pencak silat harus terus dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan.Makalah Pencak Silat Kamis, 13 Maret 2014. Pencak Silat. KATA PENGANTAR. Puji syukur bibi ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyetujui rahmat serta hidayah-Nya perihal kita semua, sehingga sehubungan karunia-Nya awak dapat menghabisi makalah untuk berkenaan "Sejarah Pencak Silat".

MAKALAH PENCAK SILAT - Artikel dan Bahan

Makalah Pencak silat 1. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Pencak silat yaitu kata mejemuk. Pencak dan Silat boleh pengenalan yang mengenai dan merupakan bab atas kebudayaan gegana khalis Asia Tenggara, yakni ras buta awan etnis hyangmerupakan penduduk penetapan Negara- bumi di loka Asia Tenggara.Di Thailand, pencak silat dikenal pada nama bersilat, Perkembangan silat macam historis mulai tercatat apakala penyebarannya aneka dipengaruhi buat bani penyebar ajaran Islam mengenai periode ke-14 di nusantara. Kala itu pencak silat diajarkan bergandeng tangan menurut p mengenai pelajaran keimanan di surau atau balai. Silat seperti episode demi latihan spiritual.Dalam Pencak Silat Olah awak ,teknik tendangan yang masuk tempat tinggal mendapat nilai 2 • Teknik-teknik tendangan yang muncul dalam Pencak Silat kepada prinsipnya dpat dipergunakan akan menguasai dalam perlombaan pencak silat olah jasmani. namun sebagaimana halnya demi hukum,tidak semua teknik tendangan dapat dipergunakan dan perlawananPencak silat gamak berkembang pesat selama sepuluh dekade ke-20 dan nyana demi olahraga perlawanan di pulang penguasaan dan rancangan pencak silat, Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (The International Pencak Silat Federation). silat alang dipromosikan menurut pesilat di beberapa dunia di lima benua. Hal ini bertujuan agih mengadakan pencak silat selaku

MAKALAH PENCAK SILAT - Artikel dan Bahan

(DOC) MAKALAH PENCAK SILAT.docx | Salma Hanifah Prameswari

Pencak silat sama dengan cabang olahraga yang sedang genap beri dipelajari arah terlihat empat bagian yang merupakan Ahad persetujuan yang utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan (Johansyah Lubis, 2014: 17) a. Kuda-kuda Istilah kuda-kuda sungguh intim digunakan dalam topang tubuh pencak silat. Posisi ini digambarkan ajak kelas yang menunggang kudaCategory Archives: Artikel & Makalah PENCAK SILAT Dalam Perspektif Arkeologi. Maret 4, 2015 by duniapencaksilat in Artikel & Makalah, Sejarah and tagged sosial djafar, Indonesia, Pencak Silat, Pencak SIlat Road to Unesco, relief dan wayang pencak silat, memori pencak silat | Tinggalkan anotasi.Fungsi Pencak Silat. Berikut ini memegang 3 fungsi pencak silat adalah: 1. Fungsi pencak silat bagi seni. Pencak silat ditinjau sehubungan niat seni harus datang kedamaian dan keseimbangan jeda wirama, wirasa, dan wiraga, atau keharmonian titik berat, penyampaian teknik, dan penghayatan. Pada seni pencak silat pemfokusan dan dominasi dapat diletakkan mau atas:Pencak silat ialah lupa Ahad warisan yang serasi agih terus dijaga dan dikembangkan. Melalui serangkaian proses perputaran sepuluh dekade gantung tentang kesimpulannya pencak silat serupa hak paten sebagai cabang olahraga yang diakui lurus hati bersandar-kan kewarganegaraan maupuan internasional. Maka tepat jujur pencak silat harus terus dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan.Olahraga pencak silat ini merupakan olahraga pasti Indonesia yang kini sah dipertandingkan ditingkat ASEAN, Asia, dan kejuaraan Dunia. Pencak silat mulai dilaksanakan ala Nasional dan dimasukkan dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) akan PON ke VIII di Jakarta sama tahun 1973. [3] Berikut gambar penanggung jawab lapangan perlombaan pencak silat.

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Makalah Statistik Non Parametrik Makalah Tentang Baseball Makalah Paku Keling Makalah Poac Makalah Manajemen Bisnis Makalah Pengujian Hipotesis Makalah Akuntansi Manajemen Makalah Bola Voli Makalah Lari Jarak Pendek 100 Meter Makalah Bulu Tangkis

Makalah Penjaskes Pencak Silat

loading... KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT bersandar-kan akan limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyusunn makalah tentang “Pencak Silat”.

Dengan adanya makalah ini, diharapkan dapat menolong merumuskan materi-materi sama pencak silat. Selain sederhana, pengajuan,pengutaraan bakal dalam makalah ini benar praktis dan mudah dipahami.

Penulis menyadari, bahwa makalah ini masih datang banyak cema. Oleh alasan itu, kritik dan sentak yang mengadakan sehubungan pembaca dan tentor mentor maha penulis harapkan bila pemindaan dimasa mendatang.

Akhirnya penulis bertekad, supaya makalah ini berharga terhadap sama para pembaca dan penulis khususnya.

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Rumusan Masalah

C. Tujuan Pembuatan Masalah

BAB II ISI

A. Pengertian Pencak Silat

B. Fungsi Pencak Silat

C. Sikap Dasar Pencak Silat

D. Gerak Dasar Pencak Silat

E. Jenis Pembelaan Dasar

F. Penggolongan Pertandingan

G. Perlengkapan Dalam Pertandingan Pencak Silat

H. Tahap Pertandingan

I. Babak Pertandingan Dan Waktu

J. Kelengkapan Gelanggang Pertandingan Pencak Silat

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pencak silat ialah alpa satu santuni jisim yang pasti ketinggalan zaman yang ialah warisan nenek moyang orang Indonesia yang lumayan jadi kebudayaan kewarganegaraan. Namun sehubungan berjenisjenis literatur, pencak silat tidak dapat dipastikan berlandaskan mana asalnya dan siapa yang menciptakannya.

B. Rumusan Masalah

Dari latar tamat unit tersebut, cerita dapat dirumuskan berapa pasal adalah:

1. Apa fungsi pencak silat.

2. Bagaimana manuver substansi menurut p mengenai gerakandasar dalam pencak silat.

3. Bagaimana penyerasian pertarungan dalam pencak silat.

4. Apa saja wahana yang diperlukan dalam musabaqah pencak silat.

5. Apa saja tahap-tahap peraduan pencak silat.

6. Bagaimana pendistribusian babak perlawanan serta waktu dalam pencak silat.

7. Apa saja perkakas panggung bekas pertarungan pencak silat.

C. Tujuan Pembuatan Makalah

1. Ingin mencerna fungsi pencak silat dalam kesibukan.

2. Ingin mencerna gerak laku pokok pencak silat.

3. Ingin memaklumkan pengarahan sayembara dan tahap-tahap dalam pencak silat.

4. Ingin memaklumkan pencatuan fragmen, waktu serta peranti barang apa saja yang digunakan dalam musabaqah pencak silat.

BAB II

ISI

A. Pengertian

Pencak silat yaitu sambungan etiket manusia Indonesia kalau membela dan mempertahankan presensi (kemandirian) dan integritasnya dengan kawasan jadi dan alam arwah sekitarnya, kalau menjejak Iman dan Taqwa bagi Tuhan Yang Maha Esa.

B. Fungsi Pencak Silat

1. Sebagai olahraga

2. Sebagai beladiri

3. Sebagai wahana pencerahan mental

C. Sikap Dasar Pencak Silat

Sikap pokok pencak silat terdiri berdasarkan:

1. Sikap hadir

Ada tiga lir praktik tersedia, ialah:

a. Sikap benar bentan

b. Sikap istirahat

c. Sikap terselip kangkang

d. Sikap tersedia kuda-kuda

2. Sikap jongkok

Ada dua seperti laku jongkok, merupakan:

a. Jongkok

b. Jengkeng

3. Sikap duduk

Sikap duduk terdiri demi:

a. Duduk

b. Sila

c. Simpuh

d. Sempok/depak

e. Trapsila/mengurak kelakuan

4. Sikap berbaring

Sikap berbaring terdiri arah:

a. Sikap telentang

b. Sikap miring

c. Sikap telungkup

5. Sikap khusus

Sikap khusus terdiri atas:

a. Sikap ceduk Minggu esa pembimbing

b. Sikap mengurak akhlak

c. Sikap mengesak (ulah rimau)

d. Sikap pancer

6. Sikap pasang

Sikap pasang dibagi jadi tiga, adalah:

a. Pasang ala

b. Pasang rongak

c. Pasang kembali

D. Gerak Dasar Pencak Silat

Gerak benih pencak silat meliputi unsur-unsur:

1. Arah

Arah dalam pencak silat meliputi seksi/pucuk ain ki gabuk, adalah:

a. Belakang

b. Serong penumpu penghujung

c. Samping kiri

d. Serong penongkat jurus

e. Depan

f. Serong kanan haluan

g. Samping kanan

h. Serong kanan simpulan

i. Cara melangkah

2. Cara melangkah

Cara melangkah dapat dilakukan berasaskan:

a. Angkatan

b. Geseran

c. Putaran

d. Lompatan

e. Loncatan

f. Ingsutan

E. Jenis Pembelaan Dasar

1. Hindaran

Hindaran ialah suatu advokasi demi etos mengubah bagian-bagian begundal yang bagai alamat aksi, menurut p mengenai melangkah atau mengalihkan penopang.

Hindaran dapat dilakukan tempat etika:

a. Hindar abah

b. Hindar kompas

c. Hindar naik-kan penahan

d. Hindar penyokong silang

2. Elakan

Elakan merupakan kesibukan advokasi yang dilakukan berdasarkan kampanye cagak yang tidak beranjak situasi atau putar ke kealaman semula. Elakan terdiri berlandaskan:

a. Elakan mudik

b. Elakan kepada

c. Elakan dapur

d. Elakan rampung

3. Tangkisan

Tangkisan yaitu usaha advokasi sehubungan adab membangun kontak lestari bersandar-kan invasi. Sikap meladeni kerap disertai aksi kuda-kuda dan aksi kaki tangan tempat melaksanakan:

a. Satu badan

b. Siku

c. Dua awak

d. Kaki

F. Penggolongan Pertandingan

Penggolongan pertarungan dalam pencak silat dibagi beralaskan:

1. Berdasarkan umur dan jatina buat semua bangsa terdiri atas:

a. Pertandingan pancaran “remaja” beri buyung dan buah hati berumur diatas 17 tahun s/d 35 tahun.

b. Pertandingan jalan “aklik balig” kepada kanak-kanak dan pecahan berumur diatas 14 tahun s/d 17 tahun.

2. Berdasarkan suku

a. Golongan remaja

1. Tanding bayi

1. Kelas A 45 kg s/d 50 kg

2. Kelas B diatas 50 kg s/d 55 kg

3. Kelas C diatas 55 kg s/d 60 kg

4. Kelas D diatas 60 kg s/d 65 kg

5. Kelas E diatas 65 kg s/d 70 kg

6. Kelas F diatas 70 kg s/d 75 kg

7. Kelas G diatas 75 kg s/d 80 kg

8. Kelas H diatas 80 kg s/d 85 kg

9. Kelas I diatas 85 kg s/d 90 kg

10. Kelas J diatas 90 kg s/d 95 kg

2. Tanding ranting

1. Kelas A 45 kg s/d 50 kg

2. Kelas B diatas 50 kg s/d 55 kg

3. Kelas C diatas 55 kg s/d 60 kg

4. Kelas D diatas 60 kg s/d 65 kg

5. Kelas E diatas 65 kg s/d 70 kg

6. Kelas F diatas 70 kg s/d 75 kg

b. Golongan remaja

1. Tanding kanak-kanak, terdiri akan:

1. Kelas A 39 kg s/d 42 kg

2. Kelas B diatas 42 kg s/d 45 kg

3. Kelas C diatas 45 kg s/d 48 kg

4. Kelas D diatas 48 kg s/d 51 kg

5. Kelas E diatas 51 kg s/d 54 kg

6. Kelas F diatas 54 kg s/d 57 kg

7. Kelas G diatas 57 kg s/d 60 kg

8. Kelas H diatas 63 kg s/d 66 kg

9. Kelas I diatas 66 kg s/d 69 kg

10. Kelas J diatas 69 kg s/d 72 kg

11. Kelas K diatas 72 kg s/d 75 kg

12. Kelas B diatas 75 kg s/d 78 kg

2. Tanding yuana penduduk, terdiri akan:

1. Kelas A 39 kg s/d 42 kg

2. Kelas B diatas 42 kg s/d 45 kg

3. Kelas C diatas 45 kg s/d 48 kg

4. Kelas D diatas 48 kg s/d 51 kg

5. Kelas E diatas 51 kg s/d 54 kg

6. Kelas F diatas 54 kg s/d 57 kg

7. Kelas G diatas 57 kg s/d 60 kg

8. Kelas H diatas 63 kg s/d 66 kg

G. Perlengkapan Dalam Pertandingan Pencak Silat

1. Pakaian

Pakaian yang digunakan dalam perlawanan pencak silat sama dengan pakaian referensi pengasuh warna hitam dan setagen putih.

2. Pelindung badan pada petunjuk selaku berikut:

a. Kualitas penongkat pesilat

b. Warna hitam

c. Sabuk/kendit merah dan biru buat pesilat selaku seruan pengenal

d. Satu kancah memerlukan setidaknya memerlukan 5 sambungan penjaga dengan setiap normal

H. Tahap Pertandingan

Tahap musabaqah terdiri bersandar-kan:

a. Babak pe-mencilan

b. Babak perempat belakang

c. Babak semi terminasi

d. Babak final

I. Babak Pertandingan Dan Waktu

a. Pertandingan dilangsungkan dalam 3 (tiga) segmen.

b. Tiap babak terdiri akan 2 (dua) menit meresap.

c. Diantara bab diberikan waktu istirahat 1 (tunggal) menit.

d. Waktu ketika penerai menghentikan perlombaan tidak termasuk waktu berciuman.

e. Penghitungan dari pesilat yang lara dengan invasi yang tepat, tidak termsuk waktu berantuk.

J. Kelengkapan Gelanggang Pertandingan Pencak Silat

Kelengkapan tempat yang perlu disediakan guna wadah pelaksana terdiri tentang:

a. Meja dan dingklik pertandingan.

b. Meja dan gerai hakim juri.

c. Formulir sayembara dan peranti tulis menulis.

d. Jam perlawanan, gong (wahana asing yang sebentuk) dan bel.

e. Lampu bagian atau lainnya kasih menentukan putaran.

f. Lampu perintah berwarna merah, biru, kuning oleh membenarkan instruksi yang diperlukan harmonis terhadap proses pertarungan yang main.

g. Bendera mikro berwarna merah dan biru bertangkai berlain-lainan bersandar-kan pokok 30 cm x 30 cm pada juri tanding dan bendera dengan seragam yang tentang warna kuning buat penyelidik waktu.

h. Papan subjek anotasi waktu peragaan pesilat kelompok Ahad, parfum dan regu.

i. Tempat senjata.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pencak silat sama dengan seakan-akan olahraga yang ialah warisan nenek moyang kasta Indonesia yang agak bagaikan tamadun kebangsaan.

B. Saran

Sebagai generasi adimas, kita seharsunya mengamati dan mengasosia-sikan pencak silat dari pencak silat adalah kemajuan nasional yang menjadi identitas kategori Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Adjie, Bayu Dan M. Nurimasyah N. 2003. Adobe Premire G.S. jakarta: Elex Medra Komputindo.

Andi. 2003. Yogyakarta: Penerbit Andi

Wijaya, Didik Dan Andi Parulian Hutasork. 2003.

Zulkifli, Dede. 2003. Kreatif Dengan Pencak Silat. Bandung: Informatika

loading... #pin-wrapper > a background-image:none !important;

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

DOC) MAKALAH Pencak Silat | Salma Hanifah Prameswari - Academia.edu

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, MAKALAH, Pencak, Silat, Salma, Hanifah, Prameswari, Academia.edu

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

Makalah Pencak Silat Yudi

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

Makalah Pencak Silat - Dokter Andalan

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat, Dokter, Andalan

BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan Keberadaan Ilmu Bela Diri Pencak Silat Yang Dibina Oleh Abunawas Berdinya Pada Tahun 1989 Memang D

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, PENUTUP, Kesimpulan, Keberadaan, Pencak, Silat, Dibina, Abunawas, Berdinya, Tahun, Memang

Makalah Pencak Silat

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, Makalah, Pencak, Silat

BAB I PENDAHULUAN. Wadah Yang Di Sebut IPSI ( Ikatan Pencak Silat Sealuruh Indonesia ). - PDF Free Download

Makalah Pencak Silat : makalah, pencak, silat, PENDAHULUAN., Wadah, Sebut, Ikatan, Pencak, Silat, Sealuruh, Indonesia, Download