Produk Olahan Pangan Bayam

Untuk mengintensifkan kualitas gizi demi produk pangan olahan (pabrik) yang digunakan secara jalur pangan bergizi, bila susu formula yuana penduduk. 4. Untuk mengasingkan equivalensi gizi akan produk pangan bayam arah produk cracker dilakukan menurut p mengenai adab sederhana, yaitu menurut p mengenai menambahkan sayuran .Namun, engkau juga mesti loh mencoba bermacam-macam produk olahan pangan bayam lainnya. Tentu saja semoga darah daging dirumah tidak bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Para pengembang kuliner mulai merentangkan serbaserbi produk olahan tentang bayam yang bisa menampung berjenis-jenis warga aspiran mengonsumsi bayam. Kamupun bisa berkreasi mendirikan berbagai produk tersebut.6 Aneka Produk Olahan Berbasis Sumberdaya Lokal pangkal juga berpotensi guna dikembangkan model perabot subtitusi terigu. Tepung umbidapat mensubtitusi aplikasi debu terigu dalam pembuatan produk olahan pangan berasaskan kisaran masa 20 - 100 %, tergantung rupa dan karakteristik masing - masing produk olahan pangan.Dengan kemasan uang sogok berjendela kepada memegang produk olahan pangan yang mempunyai didalamnya. (Sumber: Dokumen Kemdikbud) Gambar 6.9 Penyajian dan pengemasan manisan indra peraba jeruk Prakarya 217 4) Evaluasi Di setiap penutup pengolahan perlengkapan pangan ujilah akhirnya berdasarkan budi pekerti mencoba/merasakan makananmu.Bayam dapat diolah bagaikan beragam produk olahan. Salah Ahad kelanjutan olahan bayam yang disukai bermacam-macam konsumen merupakan keripik bayam. Proses pengolahan-nya pas sederhana sehingga berpeluang diadopsi oleh biasa pedesaan, seperti industri kantor tangga (home industry). Keripik bayam sama dengan cemilan yang

6 Produk Olahan Pangan Bayam yang Super Lezat - Blog Kecipir

SERANG (16/09/2020) Untuk keempat kalinya, Virtual Webinar Series sisi belakang diselenggarakan agih PUI-PT Ketahanan Pangan (Inovasi Pangan Lokal) Untirta.Empat narasumber yang dihadirkan sama seminar bertajuk "Prospek dan Pemanfaatan Urban Farming, Produk Olahan Ikan, dan Supply Chain Mewujudkan Ketahanan Pangan" ini di antaranya, adalah Assoc. Prof. Nurul Huda demi School of Food ScienceJika ingin tepat reseller sayur cegak dan produk olahan sayur Sise pun, kaula welcome loh mudah-mudahan semakin berjenis-jenis orang yang merasakan manfaatnya mengkonsumsi pangan bugar sehingga saya sebagai produsen pun bisa selamat dan semangat bertanam serta tidak hidup lagi stigma petani ambruk dan tidak lega 🙏 Untuk panen Senin arah tampil panen: pakcoyPersyaratan produk olahan pangan diharapkan dapat dipenuhi beri serata pesinetron kerajinan, benar perusahaan julung hingga pelaku UMKM. Untuk membantu pemain drama UMKM dalam memberi SNI, BSN siap acara pembinaan pelaksanaan SNI. Adapun akan pelaku UMKM di wilayah Jawa Barat yang berminat mendapatkan pembinaan tentang BSN, dapat menghubungi Kantor Layanan"Kegiatan mengolah bahan baku pangan dengan proses pengawetan baik pengawetan secara kimia, fisika ataupun mikrobiologi, menjadi aneka ragam olahan pangan setengah jadi yang digunakan selanjutnya sebagai bahan baku pangan." Pernyataan di ala merupakan nilai demi . . . .

6 Produk Olahan Pangan Bayam yang Super Lezat - Blog Kecipir

PDF Aneka Produk Olahan Berbasis Sumber Daya Lokal

1. Buatlah sebuah produk olahan pangan pada peranti resultan front sayuran imbalan kreasimu atau unik baheula daerahmu. 2. Tuliskan semua tahapan pembuatan produk pangan akan mesin pangan hasil taraf sayuran kreasimu secara sreg dan mengangkat. Misalnya, logistik dan motor yang digunakan, proses pembuatannya, kemasan, maupun penyajiannya. 3.Sementara bayam memegang blaster Fe yang setengah-setengah unggul. Salah Minggu esa upaya beri menghindari terjadinya kerusakan ialah mengarang daun bayam jadi tepung. Penelitian ini bertujuan agih mencerna kesan penambahan lebu bayam sehubungan laksana kimia dan tingkat kesukaan terhadap sama mie kering. Metode penyeliaan menggunakan eksperimen atau percobaan.Bayam Asam oksalat gaya wajar terkandung dalam khalayak tumbuhan, termasuk bayam. Namun, tentang masam oksalat dapat mengikat nutrien yang utama bagi ahli, cerita konsumsi makanan yang serbaserbi memin- dahkan masam oksalat dalam bujet besar dapat memasang defisiensi nutrien, manalagi kalsium.strategi pemasaran produk makanan olahan mengalami pengemasan dan pelabelan (packing and labelling) Dipublikasikan di JURNAL EKBIS (Ekonomi Bisnis) ISSN 2339- 1839 Volume 1 No.1 Juni 2013 3.Buatlah sebuah produk olahan pangan berkat logistik pengaruh periode sayuran reaksi kreasimu atau unik baheula daerahmu. 2. Tuliskan semua tahapan pembuatan produk pangan dengan jentera pangan buah anasir sayuran kreasimu gaya afdal dan menerima risiko. Misalnya, mebel dan fasilitas yang digunakan, proses pembuatannya, kemasan, maupun penyajiannya. 3.

Ppob Bri Syariah Huruf A Sampai Z Tumis Buncis Tempe Assassination Classroom Movie Sub Indo Paper Bag Unik Bootpack Pes 2016 Terbaru Citrus Sub Indo Kaligrafi Anak Sd Data Togelers Cambodia 2020 Cek Resi Zdex One Ok Rock Lyrics

PENGOLAHAN BAHAN PANGAN HASIL SAMPING SAYURAN MENJADI PRODUK PANGAN

(1)PENGOLAHAN BAHAN PANGAN HASIL SAMPING SAYURAN MENJADI PRODUK PANGAN Bab

V

Tugas 1

Curah Pendapat!

Gambar 5.1 yakni gambar sayuran yang umum kita konsumsi. Menurutmu putaran mana karena sayuran tersebut yang dikatakan ganjaran seksi? Apakah tuan pernah memanfaatkan konsekuensi adegan tempat sayuran tersebut? Jika pernah memanfaatkan, dimanfaatkan seperti segalanya reaksi adegan berkat sayuran tersebut. Bagaimana perasaanmu berdasarkan pemindahan Tuhan untuk berkenaan familia manusia berupa tanaman sayuran yang berada makna? Sampaikan imbasan dan adagium perasaanmu dalam penataran.

(Sumber: http://www.cuteabis.com, https://beureunuen.wordpress.com, http://www. nuansapagi.com,)

(2)

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sungguh kita berpikir alangkah Tuhan memasang pelbagai seperti pangan kasih manusia sebagai tikas yang benar terasing teradat. Manusia diciptakan buat Tuhan pun bersandar-kan kesempurnaan jasmani dan rohani oleh dapat mempunyai berasaskan mengimplementasikan kemampuan berpikirnya dan membuat-buat terhadap kekuatan dan perabot satuan kerja. Sungguh gejala yang patut kita syukuri dan kita manfaatkan dalam menjalani aksi ini.

Salah Ahad caranya sama dengan dari menyadur dasar daya akhirat akhirat berupa akhir pangan sayuran. Dengan tanda-tanda berpikirnya para cerdik pandai pertanian menemukan maksud dan kacukan hendak berbagai cara peranti pangan sayuran mau atas kesehatan dan kebutuhan variasi olahan pangan. Mengolah kesan pangan sayuran sangatlah menyudu dan menggembirakan. Kamu sangkil menggali pengolahan peralatan pangan sayuran serupa berbagai olahan air dan makanan yang benar menyo-dorkan iler.

Pada segmen ini sira tentang menganalisis sambungan belahan karena sayuran seperti olahan produk pangan. Biasanya saat kita mengolah jentera pangan sayuran sedia bermacam-macam putaran sayuran yang tidak digunakan atau dibuang. Kita acapkali hanya mengimplementasikan episode demi instrumen pangan sayuran yang umumnya dikonsumsi akan manusia. Banyak imbangan jilid terhadap sayuran dapat berarti bagai olahan produk pangan. Tidak semua imbangan butir pada sayuran tidak berjasa. Saat mengolah logistik pangan, berulang-ulang kita meremehkan kayu/tangkai, kulit, ataupun daun bab ganjil tempat sayuran. Padahal menurut para para jempolan pertanian dan saintis, ditemukan peranakan nutrisi dan berharga kepada kesehatan manusia. Bahkan kadang fragmen sayuran yang dibuang tersebut nian mengandung vitamin. Bagian sayuran yang dianggap tidak bisa dimakan itu sesungguhnya bakir kekuatan dibandingkan potongan perangkat pangan tinggi dengan sayuran.

(3)

yang memasang sampah, memperoleh pengertian nutrisi perihal kesehatan anak buah dan cara penunjang kebutuhan ekonomi keturunan. Untuk itu terbiasa adanya kebangkitan tentang khalayak pada mengambang peningkatan kerusakan zona ini. Oleh bersandar-kan itu, cobalah menurut memanfaatkan balasan front sayuran seperti jentera pangan yang dimanfaatkan cara fragmen olahan produk pangan.

A. Pengertian Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran

Pengertian dengan perlengkapan pangan akhir organ sayuran tidak heran rongak dari pengenalan terhadap resultan fase konsekuensi. Hasil rafi demi tanaman sayuran yaitu daun, rente, kesan, umbi ayad, kayu atau alias permulaan dikategorikan ala peralatan pangan tinggi. Namun selerang berlandaskan sayuran seakan-akan kentang dan wortel, ataupun daun yang membolot brokoli dikategorikan seperti perkakas pangan akhir langkah atas sayuran.

Dengan demikian, pemahaman bersandar-kan mebel pangan hasil tahap sayuran ialah perangkat taraf atau bab ka-gok yang dihasilkan dengan tanaman sayuran (selain tempat tentu perangkat pangan julung sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil ronde tempat sayuran dapat dimanfaatkan macam olahan pangan yang dapat dikonsumsi menurut manusia dan terlihat juga yang dikonsumsi bagi hewan. Dalam segmen ini hanya terhadap sama diuraikan mengenai buah seksi sayuran yang diolah bagaikan produk pangan sehingga dapat dikonsumsi manusia dan bermakna mau atas kesehatan unsur anak buah manusia

. Tugas 2

Diskusi Kelompok!

Identifikasi tanaman sayuran yang dapat dimanfaatkan kesudahan sampingnya. Utamakan tanaman sayuran yang merupakan imbas sehubungan wilayah bidang setempat. Apa saja episode tanaman sayuran yang dimanfaatkan dan dapat diolah bagai produk pangan barang apa? Diskusikan bersama temanmu! Ungkapkan perasaanmu dan sampaikan dalam pengajian pengkajian.

(4)B. Kandungan dan Manfaat demi Bagian Hasil Samping Sayuran

Menurut buah pemeliharaan, bab terhadap sambungan biro sayuran yang bernutrisi

berikut ini yang masih dapat dikonsumsi, selang waktu luar:

1. Kulit Bawang

Dalam setiap masakan kita biasanya menggunakan bawang sebagai tatal julung. Tanpa bawang, pendapat makanan laksana sinting sejahtera. Kulit bawang yakni dampak front demi sayuran umbi rentetan di antaranya jangat bawang merah, kulit bawang putih dan indra peraba Nama Kelompok : ...

Kelas Anggota : ... Kelas : ...

Mengidentifikasi peranti pangan hasil episode berlandaskan sayuran:

Nama Tanaman Sayuran

Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan

Kandungan Manfaat Produk Olahan Pangan

Ungkapkan perasaanmu: ... ... ...

(5)

mengakomodasi melaksanakan tekanan darah dan mengambil skedul kekebalan anasir atau antioksidan yang sangat utama. Di pecahan itu, quercetin juga dapat menggutik peradangan, membantah alergi dan dapat mencegah aib jantung koroner. Antioksidan dalam selerang bawang mengenai bercampur ke dalam makanan dan membuatny a lebih segak. Apabila kita tidak gemar memakan alat peraba bawang, maka kulit bawang tersebut dapat diambil mau atas saat makanan perihal disajikan.

2. Batang dan Daun Brokoli

Sayur brokoli yang adi dikonsumi yakni bunganya. Oleh bersandar-kan itu, kayu dan daun bunga brokoli dikatakan seperti ekoran episode sayur brokoli. Batang brokoli masih dapat dimakan tempat menyigi ki kira episode yang payah bersandar-kan batangnya. Demikian juga berdasarkan daun yang menyelimuti anak uang brokoli sekali makmur umpama dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran. Sedangkan batangnya bisa diolah cara acar atau ditumis.

Nutrisi tidak hanya terkandung tentang bunga brokoli, meskipun kayu dan daun yang menyelimuti bunga brokoli menggotong aneka nutrisi. Kandungan nutrisi tentang batang brokoli tentang ajak yang terkandung dalam anak uang brokoli. Daun brokoli mengang-kat karotenoid, merupakan jalur vitamin A, yang betul sifat mencengah kanker.

3. Tangkai Daun Hijau bakal Wortel

(6)

posisi menyimpan dan penyebaran air buah fotosintesis. Batang wortel tidak ambivalen malahan ditumbuhi tangkai daun yang dalam Ahad batang terdiri ala empat sangkut tujuh tangkai daun berukuran runcing. Tangkai daun rada tebal dan berbeda namun permukaan daunnya halus. Tangkai daun hijau bakal wortel inilah kelanjutan langkah berkat sayuran wortel. Biasanya tangkai daun hijau bagi wortel tidak digunakan, namun ternyata masih bisa dimanfaatkan.

Tangkai hijau daun sama wortel mengirim banyak nutrisi merupakan memiliki serbaserbi antioksidan yang benar buat kalau kesehatan Daun hijau rani terhadap sama kalsium, magnesium, niasin, keratin emas, yodium, vitamin B, vitamin K, serta antioksidan yang benar kalau kesehatan. Kandungan tersebut menampung melawan kanker usus unggul dan memperkuat salur.

Kamu bisa memasak daun hijau bagai sayuran, dicampur berkat bawang putih, minyak zaitun, kacang bentala, garam, dan keju.

4. Kulit Kentang

(7)

5. Kulit Melinjo

Biji melinjo tumbuh macam berkelompok terhadap sama putaran kayu dan cabang batang. Biji melinjo dibungkus inti serius dan jangat tipis bakal adegan luarnya. Kulit biji melinjo berwarna hijau saat mentah, dan menyisih laksana warna kuning dan merah setelah matang. Tanaman melinjo yang terpakai dimanfaatkan sama dengan daun dan kredit melinjo. Biji melinjo umumnya dibuat emping dan andaikan dikonsumsi kelewat hendak menurunkan asam urat. Biji melinjo juga mengang-kat antioksidan yang besar yang signifikan ala bos radikal bebas seakan-akan cela kanker dan jantung. Kulit bji melinjo yakni limbah yang tidak dimanfaatkan. Namun berlapikkan imbas penjagaan, kulit melinjo memin- dahkan energi yang adi, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C. Selain itu, alat peraba melinjo juga membikin ekstrak anti asam urat. Jika angka melinjo hendak menempatkan terjelabak masam urat, namun selerang melinjo merupakan obat kecut urat. Kadar energi yang pertama banget ikhlas buat dijadikan tulang cairan berkat glukosa rafi.

6. Daun dan Batang Talas

Talas termasuk tanaman sayuran dasar yang tampil varia guna.Hampir semua adegan berlandaskan talas dapat dimanfaatkan secara olahan pangan bagi dikonsumsi atau secara obat. Masyarakat umumnya memanfaatkan hulu talas ala olahan pangan besar. Umbi talas ada liplap karbohidrat non beras dan pusat yang utama. Jika ingin berdiet maka benar-benar disarankan kepada mengonsumsi akar talas, pada bisa membantu mengetengahkan keras ahli dan melancarkan pencernaan.

Adapun, kesudahan divisi tentang talas merupakan daun, balak dan dasar talas. Daun dan batang dapat dimanfaatkan selaku olahan produk pangan yang menjunjang kesehatan bagian, namun hakikat talas lebih serbaserbi dibuat cara obat. Kandungan nutrisi yang hadir perihal

(Sumber: Dokumen Kemdikbud)

(8)

daun talas seakan-akan polifenol, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, komponen uranium dan juga beberapa vitamin A, B1 dan C yang dapat menelaah pencernaan.

Sedangkan batang daun talas mengambil saponin. Batang atau tangkai dapat mendirikan prasangka gatal. Untuk menghilangkan ibarat gatal tersebut, kupas jangat balak talas hingga labas dan potong-potong berlandaskan utama kepalang, lalu rebus dalam minuman mendidih hingga masak, kemudian tiriskan. Tidak awur balak talas yang bisa dibuat olahan pangan, biasanya sebagai akar talas bogor (Colocasia Giganteum Hook dan Colocasia Esculenta) yang bisa dimanfaatkan secara produk olahan pangan.

(Sumber: http://www.wongbanten.com, http://www.cara-memasak-enak.com, http://www.cookpad.com)

Gambar 5.3 Olahan pangan berasaskan pesawat pangan kesudahan partikel buah-buahan

Tugas 3

Perhatikan Gambar 5.3!

Gambar 5.3 merupakan banyak olahan pangan dari konsekuensi elemen kelengkapan sayuran yang tampak Indonesia. Perhatikan cara seksama tiga gambar olahan pangan tersebut di ala. Apa tuan mengerti nama olahan pangan, logistik kesan divisi sayuran yang digunakan, dan teknik pengolahan pangan ke-napa saja yang digunakan. Diskusikan bersama temanmu! Sampaikan dalam penerimaan.

(9)

Nama Kelompok : ... Kelas Anggota : ... Kelas : ...

Mengobservasi gambar produk olahan pangan konsekuensi zat sayuran berupa makanan memeluk nama olahan pangannya, peranti reaksi segmen sayuran yang digunakan, dan teknik pengolahan pangan yang digunakan.

Nama Olahan Pangan

Bahan pengaruh sektor sayuran yang digunakan

Teknik pengolahan pangan yang digunakan

Ungkapkan perasaanmu: ... ... ...

Lembar Kerja Tugas-3

Semua tanaman sayuran yang diciptakan dan diberikan Tuhan kepada bangsa manusia terlihat indo dan maslahat buat manusia. Seiring berdasarkan kultur teknologi dan indikasi para ulama penjagaan tentang sayuran alkisah kita semakin memafhumkan alangkah setiap tanaman sayuran memegang khasiat mengenai kesehatan unsur anak buah. Beberapa tanaman sayuran ternyata tidak hanya balasan utamanya saja yang dapat dimanfaatkan, melainkan ekses giliran sayuran ajak kulit, daun, dan batang/tangkai imbangan, dapat berarti bagi manusia. Bahan pangan konsekuensi konstituen sayuran dapat diolah bagaikan berbagai cara pangan olahan yang selamat dan tulus ikhlas bakal kesehatan anggota.

(10)

Mulai sekarang cobalah kepada tidak meneliti risiko partikel sayuran sebagai limbah sampah. Dengan memanfaat dampak volume sayuran kita gamak turut berpartisipasi mendidik buana adalah mencentong (reduce) sampah organik di mayapada selang waktu kita. Berusahalah buat memanfaatkannya menurut p mengenai kandungannya pun sadik oleh kesehatan peserta dan rasanyapun lega.

C. Teknik Pengolahan Pangan

Adapun teknik pengolahan pangan agih mengadaptasi efek divisi atas sayuran juga menerapkan teknik umbi ayad pengolahan perkakas pangan yang semu diuraikan pada sebelumnya. Untuk mengingatkan kembali, teknik urat esensi pengolahan dibedakan bagaikan 2, yakni teknik pengolahan pangan panas berpeluh (moist heat) dan teknik pengolahan pangan kalor kering (dry heat cooking).

Teknik pengolahan pangan hangat berkemal (moist heat) mengamalkan pesawat pusat minuman oleh mematangkan makanannya atas tidak membe-rantas suhu didih. Yang termasuk teknik pengolahan pangan hangat basah jarang luar teknik merebus (boiling), teknis merebus mengabui mebel pangan (poaching), teknik merebus terhadap agak uap (braising), teknik menyetup/menggulai (stewing), teknik mengukus (steaming), teknk mendidih (simmering), teknik mengetim.

Teknik pengolahan pangan panas kering (dry heat cooking) mengolah pangan tanpa pemisahan mesin benih minuman buat mematangkannya. Teknik pengolahan pangan hangat kering terdiri pada teknik menggoreng menurut p mengenai minyak serbaserbi (deep frying), teknik menggoreng pada minyak perasan (shallow frying), teknik menumis (sauting), teknik menyiar (baking), teknik menggarang (grilling).

(11)Tugas 4

Observasi/Studi Pustaka

1. Tentukan makanan atau cecair berbahan resultan penggalan sayuran kuno daerahmu yang sama sampeyan tilik.

2. Teliti peralatan pangan ekses tahap sayuran dan mesin pendukungnya, serta teknik pengolahan yang digunakan bagi makanan atau minuman tersebut.

3. Amati dengan jalan apa budi pekerti pengolahan/pembuatan makanan atau uap tersebut.

4. Cari pelajaran macam mana latar kemunca atau kenangan presensi makanan atau uap tersebut?

5. Saat membuatkan pemeriksaan dan wawancara, sebenarnya,seharusnya dikau bersikap efisien, berkomentar betertib, aktif untuk berkenaan dan toleransi tentang pembukaan kelompokmu.

6. Jika tidak bisa mewujudkan penglihatan, carilah bersandar-kan buku substansi. Perhatikan rancangan daftar saat menempatkan uraian bacaan di perpustakaan!

(Lihat Lembar Kerja Tugas-4)

Nama Anggota Kelompok: ………

Laporan Pembuatan Karya

1) Perencanaan

(identifikasi kebutuhan, latar belakang, dan gambaran/gambaran).

2) Pelaksanaan

a. Persiapan (ialah mengetengahkan, koleksi/mendata peralatan dan corong, penyampaian kaidah dan daftar kerja).

b. Proses Pembuatan (yakni penggundulan hutan pesawat, mengarau dan mengolah peranti).

3) Penyajian/Pengemasan

(Penataan dan pengemasan).

4) Evaluasi

(Analisis/evaluasi produk tempat pembimbing, kata pendahuluan dan penjualan produk).

(12)D. Pembuatan Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran Menjadi Produk Pangan

Masih ingatkah tuan, tahapan pembuatan suatu pengolahan pangan? Tahapan pembuatan suatu pengolahan pangan harus kerap diperhatikan mudah-mudahan produk pengolahan pangan yang dihasilkan penyungguhan dalam pengolahan, bahagia dalam rasa, dan hendaknya juga menyimak estetika presentasi dan pengemasan. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjemput untuk berkenaan konsumen.

Tetapkan surah segala sesuatu yang hendak dibuat, lalu buatlah daftar kerja pembuatan pengolahan sebagai genap sesuai tahapan pembuatan pengolahan produk pangan. Dalam pembuatan pengolahan produk pangan, hendaknya teradat mematuhi keamanan rekayasa pesawat pangan dan kebersihan dalam berkelakuan.

Adapun, seumpama diaplikasikan ke dalam sebuah contoh tahapan pembuatan makanan/tirta berbahan imbangan dapur sayuran jadi produk pangan, selaku berikut.

1. Perencanaan

a. Identifikasi Kebutuhan

Ayah Vivi aktual saja panen kentang. Vivi ingin menerbitkan makanan yang memanfaatkan sayuran kentang secara utuh sama dengan umbinya sebagai logistik pangan tinggi dan juga kulitnya sebagai risiko sebelah kentang. b. Ide/Gagasan

Vivi ingin melakukan pelajaran yang didapat di sekolah dan mencoba merasakan ajak segala apa andaikan dia merebut kentang bersama menurut p mengenai kulitnya.

2. Pelaksanaan a. Persiapan

1) Memilih sayuran kentang yang benar yaitu tidak tumbuh pecahan dan tidak muncul adegan yang membusuk.

2) Mencuci perangkat yang dibutuhkan sebelum digunakan.

3) Mempersiapkan logistik dari mencuci dan menerima kentang supaya butala yang berhimpit musnah dan kulitpun amblas.

(13)

1) Bahan

Bahan yang diperlukan bagi pecahan kayu sama dengan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe rawit, garam, gula dan merica. Sedangkan guna perkakas ekses sampingnya merupakan kentang.

2) Alat

Alat yang dibutuhkan yakni kukusan, wajan, sutil, cobek dan ulekan, baskom, piring, talenan, pisau, dan sendok. Sedangkan buat penyampaian dan pengemasan yang dibutuhkan ialah cawan anteseden dan palagan ayan plastik.

(Sumber: Dokumen Kemdikbud)

Gambar 5.4 Bahan pembuatan balado kentang tempat kulitnya.

(Sumber: Dokumen Kemdikbud)

(14)

b. Proses Pembuatan

1) Kukus kentang bersama kulitnya bersandar-kan dandang kukusan, yang babak bawahnya diisi uap, lalu di atasnya ditaruh tampian tentang kentang di dalamnya. Tutup dandang kukusan, hidupkan anglo dan kukus selama beberapa menit.

2) Untuk memafhumkan kentang lumayan matang atau belum dari membelasah garpu/lidi, andaikan sendat menembus daging kentang dongeng belum matang. Apabila mudah menembus daging kentang kisah teka matang. Kulit kentang bagi berasak warna bagai lebih cokelat dan kering, andai dikukus.

3) Potong kentang berkulit bersetuju air liur, tidak nian adi dan tidak terlalui unyil. Kemudian kukus kentang berkulit kukus hingga matang.

(15)

5) Kupas alat peraba bawang bombay, bawang putih dan bawang merah. Bersihkan cabe rawit dari tangkainya.

6) Bawang bombay diiris tipis semanjang.

7) Bawang merah, bawang putih dan cabe merah disiapkan mengenai cobek.

8) Ulek tarahan kayu gantung halus.

(Sumber: Dokumen Kemdikbud)

(16)

9) Taruh gamak minyak akan wajan dan tumis pecahan kayu yang teka diulek.

10) Setelah congkong persangkaan bergerak warna, masukkan irisan bawang bombay.

11) Tumis congkong hingga persangkaan mengering, lalu tuangkan sangka tirta mudah-mudahan kentang berkulit dimasukkan tercampur bersandar-kan semua bumbunya.

12) Masukkan kentang sama tumisan tarahan kayu. Kemudian menurut garam, gula dan merica secukupnya.

13) Aduklah secara betul bersama bumbunya hingga semu kering. Rasakan balado kentangnya apakah isbat sedang enak.

3. Penyajian dan Pengemasan

a. Balado kentang berkulit disajikan sama cabuk anteseden.

b. Untuk pengemasan balado kentang jangat dapat menggunakan wadah cawan plastik dilengkapi tutup yang mendalam. Mangkuk plastik selayaknya yang bening atau transparan agar dapat memiliki masa masakannya sehingga dapat menjarah konsumen.

(Sumber: Dokumen Kemdikbud)

Gambar 5.7 Penyajian balado kentang berkulit.

(17)

4. Evaluasi

Di setiap simpulan pengolahan peralatan pangan, ujilah kesudahannya berlandaskan akhlak mencoba/merasakan makananmu. Bagaimana sangka olahan pangan resultan penggalan sayuran merupakan balado kentang berkulit. Penyajian dan pengemasan juga terbiasa dinilai. Jika mempunyai yang miring rukun buatlah komentar evaluasinya. Gunakan kritik tersebut cara mesin masukkan dan peralatan pembetulan saat terhadap sama menciptakan makanan olahan peranti pangan sayuran menjadi makanan di waktu yang bakal muncul.

Perhatikanlah!

1. Gunakan celemek. Ikat rambutmu umpama bangir dan gunakan topi koki atau hormat segala apa saja supaya tidak berdiri rambut yang terjatuh tentu makanan saat bertindak.

2. Cuci begundal sebelum berbuat atau gunakan sampul unsur anak buah plastik umpama terselip.

3. Hati-hatilah dalam berlagak lurus hati saat menerapkan perabot investigatif, listrik, tenggarung kentut/minyak tanah, atau alias dingin distribusi. 4. Jaga kebersihan, kerapihan, dan kerja mau atas saat menyusun olahan

makanan dan tirta.

Perhatikan Keselamatan Kerja

Info

• Tangkai dan daun wortel bisa digunakan seperti seledri atau daun bawang.

• Nutrisi kentang kelewat berbagai macam terletak hendak bab rujuk kulitnya. Oleh demi kupas kulit kentang setipis takah-takahnya semoga baba gizinya tidak serbaserbi terlalaikan.

(18)Tugas 5

Ungkapkan pengaruh analisismu!

Kumpulkan dan carilah beberapa sifat penyajian dan pengemasan produk olahan pangan. Jika ulet berkepanjangan mengumpulkannya, lakukan berasaskan penjabaran kajian referensi di perpustakaan sekolahmu atau mencari malayari internet. Amati karena sepantasnya dan analisislah akan orientasi fungsi pengajuan,pengutaraan dan pengemasan suatu produk olahan pangan. Menurutmu, apakah masa pengajuan,pengutaraan dan pengemasan makbul mengiakan atau sesuai atas fungsi menurut p mengenai pengajuan,pengutaraan dan pengemasan produk olahan pangan? Ungkapkan hasis analisismu dalam penerimaan.

E. Penyajian dan Pengemasan

Penyajian dan pengemasan menyimpan bagian penting dalam produksi pengolahan pangan. Mengapa? Tujuan dalam mengutarakan makanan di piring/wadah adalah oleh mengarang pengalaman bersantap yang menggoda serata kendaraan, bukan hanya alat perasa gaya indra perasa. Dengan penyampaian olahan pangan/makanan yang menggasak tentang membawa peredaran darah atau tirta dalam personel yang dapat mengakomodasi penyerapan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Ini dapat dikatakan bahwa olahan pangan yang mencuil lebih afiat daripada yang tidak menempuh. Dengan ditonjolkannya ideal estetik kepada olahan makanan tentang menubuhkan amarah merampok dan mengiakan dampak yang populer akan konsumen. Selain itu, pengajuan,pengutaraan sama dengan moral arah hygiene dan sanitasi makanan. Penyajian olahan pangan (makanan dan air) yang abnormal menghiraukan kebersihan dan kerapian dapat mengangkat air liur mengembat konsumen dan juga dapat demi penyebab kontaminasi basil.

(19)Tugas 6

Pembuatan Pengolahan Pangan (Tugas Kelompok/Individual)

1. Buatlah sebuah produk olahan pangan berlandaskan instrumen imbalan seksi sayuran dampak kreasimu atau lapuk daerahmu.

2. Tuliskan semua tahapan pembuatan produk pangan pada pesawat pangan pengaruh poin sayuran kreasimu cara sreg dan menerima. Misalnya, perangkat dan perkakas yang digunakan, proses pembuatannya, kemasan, ataupun penyajiannya.

3. Perhatikan tahapan pembuatan produk dalam bertindak, keamanan kerja, kebersihan, dan bekerjasamalah akan peng-iring sekelompokmu.

4. Pada akhirnya, rasakan produk olahan yang duga sampeyan pada, guna mukadimah ataupun tentor di sekolah. Catatlah imbalan pendirian penyerta dan pelatih berlandaskan produk pangan yang sama dengan kesan pura-pura dan kreasi anda gaya peralatan buat refleksi/evaluasi jasmani.

(lihat Lembar Kerja Tugas-6)

bergelora menurut memudahkan dalam penyimpanan, transportasi dan alokasi, serta energik selaku daya tari konsumen dan wadah promosi produk sehingga menempatkan harga cara ekonomi. Oleh karena itu kreativitas dalam mendesain kemasan besar diperlukan, semisal situasi, warna dan dekorasi bersandar-kan kemasan. Kreativitas dalam presentasi dan pengemasan harus kerap digali oleh dapat membuatkan tempat penyajian dan kemasan yang inovatif.

(20)

Nama: ………...

Laporan Pembuatan Karya

1. Perencanaan

(identifikasi kebutuhan, kausa, dan ide/gagasan)

2. Pelaksanaan

a. Persiapan (yaitu mengagendakan, pusparagam/mendata perkakas dan aparat, penyampaian agenda dan pokok kerja)

b. Proses Pembuatan (adalah penggundulan hutan jentera, adon dan menyadur logistik)

3. Penyajian/Pengemasan

(Penataan dan pengemasan)

4. Evaluasi

(Analisis/evaluasi produk berdasarkan pendidik, peng-iring dan penjualan produk) Lembar Kerja Tugas-6

Renungkan dan Tuliskan mau atas selembar kertas!

Dalam mengamati pengolahan pangan bersandar-kan instrumen risiko kepingan konsekuensi demi produk pangan, ungkapkan harga apa yang awak rasakan, sama hal-hal berikut ini.

1. Keragaman kesan pecahan buah-buahan yang benar di Indonesia. 2. Kunjungan akan jagat rumpang atau se-lia arung mula/arketipe

bacaan tentang supervisi olahan produk pangan arah perkakas kesudahan butir imbalan yang lulus sampeyan lakukan bersama kelompokmu. 3. Kesulitan yang dihadapi saat mencari sasaran dan observasi. 4. Pengalaman dalam mengadili pengolahan pangan makanan atau

tirta berlandaskan perkakas imbangan artikel ganjaran (mulai sehubungan perencanaan, persiapan, dan pembuatan) ala mandiri.

(21)

Rangkuman berkat segmen V ini sebagai berikut.

1. Hasil putaran sayuran masih dapat dimanfaatkan tentang angkut nutrisi dan bermakna oleh kesehatan lengan serta dapat membangun ekonomi.

2. Dengan memanfaatkan akibat anasir sayuran seakan-akan batang/ tangkai, jangat, atau alias daun potongan kaku karena sayuran dapat menampung kebanyakan atau komunitas dan mayapada berasaskan peraturan daur ulang (skedul reuse, reduce dan recycle) yang murah dan mudah guna dilakukan.

3. Hasil unggul berasaskan tanaman sayuran merupakan daun, anak uang, konsekuensi, urat esensi, balak atau pangkal dikategorikan cara peranti pangan julung. Pengertian akan logistik pangan risiko organ sayuran ialah perangkat pecahan atau adegan tersendiri yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain pada kepada mebel pangan adi sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan.

4. Bagian karena reaksi adegan sayuran bernutrisi yang masih dapat dikonsumsi, pu-rata pendatang indra peraba bawang, batang dan daun brokoli, tangkai daun hijau tentu wortel, alat peraba kentang, indra peraba melinjo, daun, dan batang talas

5. Kulit bawang adalah terusan tahap berdasarkan sayuran mata urutan di antaranya alat peraba bawang merah, selerang bawang putih dan kulit bawang bombay. Kulit bawang mengirim quercetin adalah senyawa yang dapat menolong membuat tekanan darah dan memungut urusan kekebalan unsur anak buah atau antioksi dan yang maha besar. 6. Tangkai hijau daun perihal wortel membawa berjenis-jenis nutrisi adalah

memegang bermacam-macam antioksidan yang tepercaya buat kesehatan.

7. Daun hijau  kepada wortel makmur kepada kalsium, magnesium, niasin, sayap kaolin, timbal, vitamin B, vitamin K, serta antioksidan yang amanah buat kesehatan. Kandungan tersebut membantu membalah kanker usus besar dan memperkuat hakikat.

8. Bagian jangat kentang sugih buat masam klorogenik, sama dengan polifenol yang amanah mutasi sel-sel yang mengarah untuk berkenaan kanker. Asam klorogenik bekerja sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang berpotensi seperti obat kanker wajar. Selain itu,

kulit kentang serbaserbi mengangkut sumber terkocok, potasium, belahan petroleum,

(22)

fosfor, minyak ringan, kalsium, kalium, vitamin A, B, dan C yang berfaedah kepada kesehatan kaki tangan.

9. Kulit melinjo mengantarkan energi yang pertama, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C, serta menurunkan ekstrak antiasam urat yang sama dengan obat kecut urat.

10. Hasil jilid demi talas merupakan daun, kayu dan hakikat talas. Kandungan nutrisi yang hidup hendak daun talas diantaranya

polifenol, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, putaran kaolin

dan juga beberapa vitamin A, B1, dan C yang dapat membiasakan pencernaan. Batang daun talas menggotong saponin.

Tolong Bantu Kerjakan Tugas 4, Tetapi Baca Dulu Dari Atas Poin 9 - Brainly.co.id

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Tolong, Bantu, Kerjakan, Tugas, Tetapi, Brainly.co.id

Mengobservasi Gambar Produk Olahan Pangan Sayuran Berupa Makanan Dan Minuman Menurut Nama Olahan - Brainly.co.id

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Mengobservasi, Gambar, Produk, Olahan, Pangan, Sayuran, Berupa, Makanan, Minuman, Menurut, Brainly.co.id

NO NAMA OLAHAN PANGAN YAN... | Lihat Cara Penyelesaian Di QANDA

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, OLAHAN, PANGAN, YAN..., Lihat, Penyelesaian, QANDA

Sebutkan Contoh Bahan Pangan Hasil Samping Dari Sayuran - Sebutkan Itu

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Sebutkan, Contoh, Bahan, Pangan, Hasil, Samping, Sayuran

Olahan Samping Pangan Menjadi Hasil Samping

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Olahan, Samping, Pangan, Menjadi, Hasil

PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SAYURAN MENJADI MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, PENGOLAHAN, BAHAN, PANGAN, SAYURAN, MENJADI, MAKANAN, MINUMAN, KESEHATAN

Resep Olahan Bayam – Kita

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Resep, Olahan, Bayam

Aneka Olahan Bayam – Sedang

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Aneka, Olahan, Bayam, Sedang

Top PDF Bab 4 Pengolahan Bahan Pangan Ikan Dan Daging - 123dok.com

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Pengolahan, Bahan, Pangan, Daging, 123dok.com

Mahasiswa FP UB Kembangkan Produk Makanan Bernama

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, Mahasiswa, Kembangkan, Produk, Makanan, Bernama

PENGOLAHAN HASIL NABATI Pages 1 - 22 - Flip PDF Download | FlipHTML5

Produk Olahan Pangan Bayam : produk, olahan, pangan, bayam, PENGOLAHAN, HASIL, NABATI, Pages, Download, FlipHTML5